Penting Atau Tidak Pasang Aplikasi Anti Virus di Android?



Aplikasi anti virus sangat penting untuk sistem operasi komputer atau laptop (dekstop), seperti Windows, Linux dan sebagainya , tapi sebenernya tidak terlalu penting untuk sistem operasi ponsel/mobile seperti Android.

Dari Google sendiri, selaku pembesut Android, telah menciptakan perlindungan dasar untuk para pengguna, yaitu dengan Google Play Services, dengan fitur real-time scanner-nya, GPS dapat memverifikasi setiap aplikasi yang hendak di-install.

Kepala keamanan Google Android di Mountain view, California mengatakan “Mayoritas ponsel android dan tablet tidak membutuhkan anti-virus dan berbagai aplikasi pengamanan lainnya, meskipun banyak perusahaan aplikasi keamanan gencar mempromosikan produk keamanan mereka".

Adrian Ludwig, sebagai kepala teknisi keamanan Google Android mengatakan, “Ada sedikit kesalahan persepsi ketika beberapa perusahaan coba melakukan review terhadap aplikasi (malware atau bukan) atas aplikasi yang terdapat di Google Play Store dan aplikasi yang sama di market store yang lain”.

Teknisi keamanan Android tersebut mengatakan jika aplikasi keamanan bukan jaminan dari sebuah keamanan itu sendiri. Hal itu senada dengan yang di ucapkan oleh Chris DiBora bahwa aplikasi anti-virus hanya membuat ketakutan pada konsumen, sehingga vendor antivirus dapat menjual laris produk mereka di Google Play Store.

Untuk Saya pribadi, Saya tidak menggunakan aplikasi anti virus apapun di android saya. Karena menurut saya, memasang aplikasi tersebut hanya akan membebani device karena proses berjalannya aplikasi tersebut secara terus menerus di latar belakang, sehingga space ram akan berkurang dan mengganggu multitasking device.

Berikut tips untuk menghindari virus atau malware di android
  • Usahakan jangan install aplikasi selain dari Google Play Store.
  • Jika ingin menginstall aplikasi dari luar Google Play Store, carilah situs penyedia aplikasi yang terpercaya.
  • Cecklist pilihan verify apps yang ada di Settings/Security.

Kesimpulan:
Dan sekarang kesimpulannya adalah, Anda tidak perlu memasang jenis aplikasi anti virus apapun di android, karena seperti yang sudah saya singgung diatas, Google telah menyiapkan perlindungan dasar untuk keamanan di android, yaitu Google Play Service.

Akhir kata:
Demikianlah penjelasan tentang Penting Atau Tidak Pasang Aplikasi Anti Virus di Android.
Artikel diatas dirangkum dari beberapa situs yang ada di internet.
Terimakasih. 

Masukan Email Anda untuk Mendapatkan Update Terbaru

3 Responses to "Penting Atau Tidak Pasang Aplikasi Anti Virus di Android?"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/

    ReplyDelete
  2. ya betul gan, toh antivirus juga tidak bisa menahan semua jenis virus, masih banyak virus yang lolos dari scanning antivirus. semuanya kembali sama pengguna teknologi nya harus pintar pintar

    ReplyDelete