Kenapa Kecepatan Internet di Indonesia Lambat?


Internet, siapa sih yang ngga tau internet dijaman serba teknologi seperti sekarang ini. Mulai dari orang tua, dewasa, bahkan anak-anak sudah tidak asing lagi dengan hal tersebut. Tapi sayangnya, di Indonesia belum memperoleh internet yang maksimal atau bisa dibilang lambat. Yaah kok bisa?
Oke gaes daripada bingung mending langsung aja ke penjelesannya dibawah ini yaa, check this out...

Menurut Wikipedia sendiri, Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet dibentuk atau ditemukan dan dikembangkan di Amerika Serikat yang awalya bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Kecepatan minimal disana sebesar 10MB/s (megabyte per second) dan dikota-kota besar bisa mencapai kecepatan 30MB/s (megabyte per second)

Dan titik terbesar untuk mencapai kecepatan internet paling tinggi sejauh ini di muka bumi, terletak di Pusat Kantor NASA, di Washington D.C. Bagaimana tidak kecepatan internet di Kantor NASA mencapai 90GB/s (gigabyte per second). Waaw.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Hem kalau dari angka sih cukup memprihatinkan ya geng, ditahun 2015 Indonesia memiliki rata-rata kecepatan internet hanya setengah dari kecepatan minimal dari negri paman sam tersebut.

Btw, Apa sih faktor yang membedakan perbedaan yang signifikan tersebut? Kabel? Geografis? atau Teknologi? Yap, semuanya berkaitan erat. Namum faktor terbesar datang dari perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah, dalam mengembangkan telekomunikasi. Kalo di Amerika, ada namanya Comcast, Verizon, AT&T dan lainnya, sementara di Indonesia kita punya Telkomsel, Indosat, XL dan sebagainya.

Di Amrik sana, pemerintahnya bekerjasama dengan AT&T, berani mengeluarkan anggaran sebesar 428 juta US Dollar per tahunnya atau setara dengan 5.7 trilliun rupiah. Sedangkan pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Telkomsel justru hanya mampu mengeluarkan 844 miliar rupiah per tahunnya, dari segi anggaran aja udah keliatan ya gaes, hihi.

Tapi seiring berkembangnya jaman dan teknologi, dijamin Indonesia bisa lebih dari ini kok. So, ayo dukung program-program pemerintahan Indonesia yaa.

Sampai disini dulu artikel kali ini, kalo tulisan ini bermanfaat, ayo share ke temen-temen sosial media kamu! dan, ohya jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar dibawah yaa hehe, bye!










Inspired by Jalan Tikus

Masukan Email Anda untuk Mendapatkan Update Terbaru

2 Responses to "Kenapa Kecepatan Internet di Indonesia Lambat?"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/

    ReplyDelete